Sunday, February 16, 2014

Mengatasi Kucing Yang Muntah-Muntah

Banyak sekali orang yang bertanya pada saya mengenai kesehatan kucing mereka, terutama kucing yang mengalami muntah-muntah. Masalah kucing muntah memang merupakan hal yang cukup rumit untuk diatasi, terutama jika Anda tidak tahu penyebabnya, tidak tahu apa nama penyakitnya, dan tidak tahu cara mengatasinya. 

Akan tetapi, diam tanpa mengobati sikucing bukanlah suatu pilihan yang benar. Jika kucing Anda muntah-muntah, pertama-tama Anda perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebab masalahnya. Sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.  

Untuk mengetahui penyebab kucing muntah-muntah, pertama-tama Anda harus menyelidiki apa material dari muntahan si kucing. Periksalah muntahan kucing Anda, apakah muntahannya rumput, muntahannya gumpalan bulu, muntahannya cairan kuning, apakah muntahnya berbusa, apakah muntahnya cacing, apakah muntahnya berdarah atau hanya muntahan makanan saja, dan lain-lain. 

Jika kucing Anda muntah-muntahnya lebih dari satu hari, dan kucing tidak mau makan apapun, maka hal tesebut merupakan indikasi bahwa kucing mengalami sakit yang sangat serius dan harus segera diatasi. Untuk mengatasinya Anda bisa membawa kucing ke tempat dokter hewan (vet) terdekat untuk didiagnosa lebih lanjut dan diberi obat.

Kucing yang sakit cukup parah

Namun, jika seandainya didaerah Anda tidak ada dokter hewan atau lokasi dokter hewan sangat jauh dari rumah, alternatifnya Anda bisa membaca cara mengatasi kucing muntah dalam sebuah ebook yang berjudul ebook Kucing Muntah. Anda dapat membeli ebook tersebut pada website www.kucingmuntah.com.

Ebook kucing muntah adalah sebuah ebook yang berisi tutorial cara mengobati kucing yang mengalami muntah-muntah dan kucing susah makan. Panduan dalam ebook tersebut telah membantu banyak kucing yang sakit muntah-muntah terselamatkan.

Bila kondisi kucing Anda cukup mengkhawatirkan, saran saya beli saja ebook kucing muntah ini sebagai pertolongan darurat. Menurut saya harganya cukup murah dan isi ebook nya juga cukup bagus. Sangat cocok bagi Anda ayang ingin kucingnya segera sembuh tanpa menggunakan obat-obatan.

17 comments:

  1. Terima kasih buat infonya Bu dokter.
    Kucingku udah 4 hari muntah cairan kuning, awalnya udah tak kasih obat, trus mending sich mau makan sedikit tapi abis itu muntah lagi dan sekarang malah lemes. Kucing ga mau makan minum, badannya jadi kurus banget, kasian deh liatnya, jadi ga tega..

    ReplyDelete
  2. Huaah please please please cepet beritu cara nya nyembuhinnya, kucing ku keburu mati hiks :'(

    ReplyDelete
  3. Dok, kucing saya barusan muntah2 dan pas tadi pagi muntah nya yg keluar roti, katanya sih abis di kasih roti sama ibu ssya, trss itu muntah lgi yg ke 2x nya dan yg keluar sisa roti, trs yg ke 3x nya yg keluar air dan yg ke 4x nya yg keluar jga air . Sebelum muntah yg ke 3 si kucing sempat makan dan minum, menurut dokter kucing sya muntah jenis apa ? Thx dok mohon jawabannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roti bukanlah makanan untuk kucing, apa lagi jika rotinya mengandung ragi. Jika kucing masih mau makan, mungkin kucing hanya muntah karena faktor makanan.
      Tapi jika kucing sampai tidak mau makan apapun setelah muntahnya, sebaiknya segera di obati.

      Delete
  4. Dok kucing saya bulu dikakinya berminyak trus lengket jadinya digigit2 sama dia terus copot bulunya, trus gimana cara nyembuhinnya gimna ya dok??, sama ada obatnya gak dok untuk luka dikakinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika luka, coba diberikan obat antibiotik dan obat nyeri.
      Gunakan juga perban jika memungkinkan.

      Delete
  5. Kucing saya juga sekarang muntah-muntah berwarna kuning dan ada busanya nih.., semoga bisa sembuh, kasian kucing ku yang lucu.. huft..

    ReplyDelete
  6. Dok, bagaimana cara menjaga agar kucing tetap selalu sehat?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hindari pemberian makanan kering dan makanan kalengan siap pakai, karena mengandung bahan pengawet.
      Berikan makanan yang alami, seperti ikan, daging ayam, yang anda buat sendiri.
      Ajak kucing bermain agar tubuhnya aktif berolahraga.
      Berikan kucing kebebasan untuk melakukan keinginan hewaninya, jangan dibiarkan stress.

      Delete
  7. dok saya mau tanya, kucing saya sudah 4 hari ini sering muntah, tapi dia tetep doyan makan,, yang pertama dulu muntah makanan banyak sekali, kemudian hari ke 2 muntah cairan coklat kemerah2 an kayak darah, hari ke-3 dan ke 4 muntah makanan padat dan kadang cairan kuning, kenapa ya dok kira2. tapi dia masih mau makan lahap apalagi kalo dikasih makanan basah,,makannya msh tetep lahap. tapi sehari dia pasti muntah sekali.tlg beri saran dok..

    ReplyDelete
  8. Dok tolong kasih tau isinya atau cara penanganannya ke buru kucing saya mati bukunya mahal saya hak bisa beli please help me

    ReplyDelete
  9. Dok kucing saya muntah seperti darah tapi warnanya coklat, dia juga ga bisa ngapa2 in, di kasih makan juga ga mau, daritadi saya cuman bisa kasih minum air anget pake sedotan, apa yang harus saya lakukan fok, saya takut kucing saya keburu mati

    ReplyDelete
  10. Dok saya mau tanya cara penanganan untuk kitten muntah busa dan tidak mau makan dikasih obat apa ya?

    ReplyDelete
  11. Kucing saya muntah berbusa dan berdarah sangat kental. Terus saya bawa kepukeswan untuk mendapatkan pertolongan pertama, sesampai disana langsung ditanggapai dokterhewan dan saya bertanya penyebab dari muntah darah tersebut dan kata dokternya ini diakibatkan ada organ dalam yg luka dan menyebabkan pendarahan ...disana kucing saya (rara) disuntik cairan infus di belakang kepala dan antiseptik di paha belakang, terus dokter hewan tersebut memberi resep kepada saya untuk di tebus di apotik terdekat jenis obatnya 1. Amoxsilin 2. Biolisin sirup dan ke 3. Norit dan sepulang dari puskeswan saya langsung membeli obat tersebut dan langsung pulang kerumah ..... Dan saya melihat kucing saya ga ada perubahan sama sekali pupil matanya membesar dan menghitam awalnya biru, dan kucing saya menjadi lemas dan lesu.... Pada waktu sore hari saya memberikan obat amoxsilin dan biolisin norit 1ml dan saya masukkan kedalam mulut sikucing... Setelah beberapa jam sikucing beranjak darikandangnya seperti kucing kelaparan sesampai dia makan pelet sikucing muntah darah sangat kental dan kucing pun menjadi lemas, lalu saya menyuapi sikucing makan dengan makanan basah yg dijual.dipetshop dan sikucing tampak lapar ingin melahap makanan basah tersebut tetapi si kucing muntah darah lagi..... Dan keesokan paginya kucing saya muntah2 darah dan akhirnya mati. pertanyaan untuk dokter apa penyakit kucing saya parah sampai dia muntah darah yg sangat kental ? Dan cara mengatasi kucing muntah darah itu bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemunginan kucing anda keracunan makanan, biasanya dari makanan yang sudah berubah, sudah terkontaminasi, sudah tidak higienis. Kemudian membuat kerusakan pada organ dalam tubuh kucing dan menyebabkan muntah darah.

      Saya turut berduka cita.

      Delete
  12. Dok, kucing saya setiap pagi muntah cairan kuning dan fasesnya agak kental (ga berbentuk) nafsu makannya juga menurun tapi masih aktif main dok.. kenapa ya dok?

    ReplyDelete

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah hewan peliharaan, silahkan tinggalkan komentar disini.